Senin, 28 April 2014

Vanessa TM (Tugas)


Vanessa TM Luncurkan Album Mini yang Terasa Taylor Swift

Vanessa TM (Foto: Feri/Okezone) JAKARTA - Penyanyi remaja pendatang baru Vanessa Theodora Mbouw dengan nama panggung Vanessa TM (19) membuat musik yang cukup unik. Gadis berparas manis yang akrab disapa Vanny ini menghadirkan album mini berjumlah enam lagu dengan lirik berbahasa Inggris.

Musiknya ia rancang sendiri dengan mengandalkan bunyi dari perkawinan gitar akustik dan kajon. Sederhana, namun suara Vanny yang khas dengan bahasa Inggrisnya yang fasih membuat lagu-lagu di albumnya nyaman di telinga.

Tarikan-tarikan vokal Vanny di album mini perdananya ini terasa menghadirkan sosok Taylor Swift. Dan, dia memang tak membantah itu.

“Saat usia 16 tahun, aku memang suka dengerin Taylor Swift, Sara Bareilles, Coldplay,” kata Vanny saat berkesempatan mengunjungi redaksi Okezone, beberapa hari lalu.

Soal selera musik, Vanny tak hanya suka dengan pop saja. Dia sering mendengarkan musik dance electronic, hingga metal. “Kalau heavy metal aku suka Disturbed,” ujarnya.

Vanny belum lama tinggal di Jakarta. Walau terlahir sebagai orang Indonesia, ia belum begitu fasih berbicara Bahasa. Maklum saja, Vanessa sejak usia 3,5 tahun sudah diboyong keluarganya ke Doha, Qatar dan menetap selama 13 tahun, setelah itu tinggal di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab (UEA), menghabiskan waktu 3 tahun.

Hal itu juga yang membuat pola pikir Vanessa begitu unik. Selain itu, dalam hal berbusana dan cara berbicaranya juga unik karena selama di Qatar dan UEA bergaul dengan para ekspatriat dari negara-negara lain.

Dara yang punya hobi olahraga tinju ini sengaja menghadirkan lagu-lagu berbahasa Inggris. Menurutnya, “Kalau pakai bahasa Indonesia (terdengar) aneh, karena aku gak bisa. Tapi kalau dengar KLa dan Maliq itu puitis.”

Vanny sadar jualan lagu berbahasa Inggris akan diserap oleh lingkup masyarakat terbatas. Melalui album ini, ia memang tak punya target harus laku. Dia menganggap album ini sebagai pengalaman digabungkan dengan ide bermusiknya yang murni keluar dari pikirannya.

“Kalau di album kedua aku ingin pakai drum, gitar, kayaknya di album kedua orang akan mengerti  kenapa aku bikin album ini Simplify,” ujarnya.

Vanny pertama kali show di Indonesia setelah pembuatan album ini yaitu jadi artis pembuka konser Nidji di Balai Sarbini pada Juni 2013. "Biasanya kan show perdana di kafe-kafe," ujar gadis berkacamata ini.

Ada enam track di album Simplify, yakni "Ready To Go", "Own Two Feet", "Jigsaw", "Pot Of Gold", :Last Gets Found", dan "Countdown".

Lirik dalam lagu-lagu tersebut tak ada yang menceritakan kisa cinta pasangan seperti umumnya para musisi membuat lagu komersil. Vanny tertarik membuat lagu-lagunya berdasarkan pengalaman hidup, seperti lagu "Ready To Go" tentang keputusannya pergi ke Jakarta. Lagu "Countdown" menceritakan ketika kakak-kakanya memutuskan kuliah ke Amerika dan Eropa dan menanti untuk berkumpul kembali.


Biodata

Nama lengkap              : Vanessa Theodora Mbouw
Panggilan                    : Vanny
Tempat Tgl Lahir         : Jakarta, 15 September 1994
Gol. Darah                   : O
Bahasa yang dikuasai : English
Tinggi                          : 157
Aktif menyanyi             : Usia 15 tahun
Hobi                             : Menulis lagu, baking cake, boxing
Pendidikan                  : SD & SMP di Doha College, SMA di The British School AL Khubairat (Abu Dhabi, UEA)

(Sumber: Okezone.com)

0 komentar:

Posting Komentar