Selasa, 15 April 2014

Ajaib!!



Ajaib! TelurBisaBerdiriSaatKulminasiMatahari di Pontianak
AdiSaputro - detikNews
http://newopenx.detik.com/delivery/lg.php?bannerid=1003&campaignid=3&zoneid=427&loc=1&referer=http%3A%2F%2Fnews.detik.com%2Fread%2F2014%2F03%2F23%2F165228%2F2534033%2F10%2Fajaib-telur-bisa-berdiri-saat-kulminasi-matahari-di-pontianak&cb=3a101bb5ed
Foto: AdiSaputro/detikcom
 
Jakarta - Setiap 23 Maretterjadifenomenaalamunikberupakulminasimatahari di kota Pontianak, Kalimantan Barat. Saatfenomenainiterjadibayanganbenda di kota Pontianak seakan 'menghilang'. Selainitutelur yang biasanyatakbisaberdiribisadibuatberdiri.

Keunikanfenomenaalaminiseringdijadikanmomendigelarnyaserangkaiankegiatanbudaya yang dipadukandenganacarailmupengetahuan (Iptek).Salah satukegiatan yang digelaradalahlombamendirikantelur yang tepatdilakukansaatmataharidalamposisitegaklurus di pusattitik equator yaknimulaipukul 11.00 WIB hinggapukul 12.30 WIB.

Lombamendirikantelurinidikemasdalamacara 'PesonaKulminasiMatahari'.Pesertaacarainiadalahmurid-muridsekolahdasar se-kota Pontianak.

"Tiap-tiapsekolahmengutus 3 orang muridnyauntukmengikutilombaini," kata KepalaBidangPariwisataDisbudparkota Pontianak, SitiKomalasari, kepadasejumlahwartawan, Minggu (23/03/2014).

Beberapapesertatampakantusiasdankonsentrasiberusahamembuattelur-telurberdiritegaksebanyakmungkin.Telur-telurinidapatberdiritegaktanpabantuanapa pun. Telur-teluriniberdiritegakkarenaadanyagrativitasi yang cukupkuat di gariskhatulistiwa.Bahkan di saatbersamaan, bayangansepertibenda 'menghilang'.

"Lombaini di gelaruntukmensosialisasikankepadamasyarakat Kota Pontianak bahwasalahsatupotensi yang ada di TuguKhatulistiwayakniadanyagravitasi yang cukupkuat di sinisehinggabisamembuattelurberdiritegak," katanya.

Selainitu, lanjutSiti, lombainisengajamengikutsertakansiswa SD supayamerekatergerakuntukmempelajariilmusainsdenganmencaritahubagaimanafenomenatelur-telurbisaberdiritegakterutama di kawasanTuguKhatulistiwasebagailokasititiknolderajat.Fenomenakulminasimataharidigelardua kali setahuniniyaknipadatanggal 21-23 Maretdantanggal 21-23 September.

Lombamendirikanteluriniterbagidalamduatahapyaknibabakpenyisihandan final.Padababakpenyisihan, seluruhpesertabersaingmendirikansebanyak 7 telur yang disediakanpanitiadalamwaktu 5 menit.Peserta yang paling banyakmendirikantelurakankembaliberkompetisidenganpesertalainnyahinggababak final.

"Keluarsebagaipemenangadalah SD 18 Kecamatan Pontianak Utara yang meraihjuarapertamakarenaberhasilmendirikansemuatelur yang kitasediakanyaknisebanyak 7 telur," kata Siti.

Sumber : Detik.com

0 komentar:

Posting Komentar