Selasa, 22 April 2014

Obat Tradisional



ObattradisionalShutterstock
ObatTradisional: Kanker, Tumor, Stroke, AsamUrat, Hipertensi...
Obattradisionaladalahbahanatauramuan yang terbuatdaritumbuhan, hewan, mineral, ataukombinasidaribahan-bahantersebut yang diolahsecaratradisionaldantelahdigunakansecaraturun-temurununtukpengobatan.
Bentuk yang paling populerdariobattradisionaladalahdenganmenggunakan herbal (tanamanobat).Obattradisionalseperti herbal terdiridaribeberapagolongan.Mari kitacermatimasing-masingjenisnya.
ObatTradisionaldanPenggolongannya
Obattradisionalberupa herbal dapatdigolongkanmenjadi 3 macam, antara lain:
  • Jamu-jamuan
    Obatbahanalam yang sediaannyamasihberupasimplisiasederhana. Khasiatdankeamanannyabaruterbuktisecaraempirissecaraturun-temurun. Bahan-bahanjamuumumnyaberasaldarisemuabagiantanaman, bukanhasilekstraksiatauisolasibahanaktifnyasaja.
  • Herbal terstandar
    Bentuksediaanobatsudahberupaekstrakdenganbahandan proses pembuatan yang terstandarisasi. Herbal terstandarharusmelewatiujipraklinissepertiujitoksisitas (keamanan), kisarandosis, farmokologidimanik (manfaat), danteratogenik (keamananterhadapjanin).
  • Fitofarmaka
    Herbal terstandar yang sudahmelewatiujiklinis (telahdiujikanpadamanusia).
Saatini yang paling banyakditemukan di pasaranadalahobattradisionaldalambentukjamu, jamu pun adabanyakbentuknyamulaidari 'jamugendong' sampaidalambentukkapsul.
Produkberupajamuumumnyadibuatberdasarkanresepataupengetahuanturun-temurun, jadikhasiatnyadibuktikanberdasarkanpengalamandari para penggunanyaselamapuluhantahunataubahkanratusantahun.
ObatTradisionalSemakinDikenal
Dalam era komunikasiserbacepatsekarangini, semakinbanyakobattradisional yang munculkepermukaan.Kalautadinyabanyak orang mengenaljamu-jamuanhanyadaritanahJawasaja, saatinimasyarakatmulaimengenaljamu-jamuandaripulau-pulaulain, seperti Papua denganSarangSemutdanbuahmerah-nya, Sumatera denganTongkat Ali-nya.
Inimembuktikanbahwa Indonesia kaya denganberagamtanamanberkhasiatuntukmembantupengobatanberbagaimacampenyakitbaik yang ringanmaupun yang berat.
Berikutadalahreferensisingkattentang herbal atauobattradisional yang disusunberadasarkanbeberapanamapenyakitutama, tinggalmeng-kliknamapenyakitnyauntukmengetahuipenjelasansingattentangpenyakittersebutdanobattradisionalmana yang direferensikan. Mudah-mudahanAndadapatmenemukansolusikesehatan yang tepatmelaluiartikelini.
Jikajenispenyakit yang Andacaritidakterdapatdalamdaftartersebut di atas, silakangunakanfasilitasGoogle Search yang terdapattepat di atasartikeliniuntukmenemukansolusinya.
Saatini, obattradisionalsemakinbanyakdiminatikarenaketersediaandanharganya yang terjangkau.Selainitu, menurutbeberapapenelitianobattradisionaltidakbanyakmenimbulkanefeksampingsepertiobatkimia, bahkanada yang tidakmenimbulkanefeksampingsamasekaliasalkandigunakansecaratepat.
Apapunalasannya, yang pastiobattradisionalmemangterbuktibermanfaatbagikesehatandantidakkalahefektifdibandingkanobat-obatkimia.Untukitu, marikitalihatperbandinganantaraobattradisionaldenganobatkimiadalamartikelObatTradisional Vs Obat Kimia

Sumber ( http://www.deherba.com/ )

0 komentar:

Posting Komentar